24 April 2016

SAYURAN HIDROPONIK, LEBIH SEHAT LEBIH KAYA AKAN NUTRISI DAN VITAMIN

Kebanyakan manusia memperoleh Protein mereka dari Produk seperti daging, Keju, Susu dan lainnya. Tetapi Buah-buahan dan Sayuran Hidroponik adalah bagian yang tidak boleh di tinggalkan dalam Piring Makanan kita.


SAYURAN HYDROPONIC



SAYURAN HIDROPONIK


Sayuran dan Buah-buahan adalah sumber Mineral yang tidak dapat dipisahkan dari tubuh manusia. Dari 40 senyawa berbeda yang orang butuhkan setiap harinya melalui asupan makanan yang di konsumsi, Zat Mineral adalah wajib bagi Kesehatan selain Komponen utama berupa karbohidrat,
Lemak, Protein dan Vitamin sehingga timbullah Slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang menyertakan Buah-buahan dan Sayuran sebagai element Makanan penting setiap hari. 

Dalam hal ini menggunakan Sayuran Hidroponik sebagai pilihan sehat sangatlah tepat mengingat kandungan konsentrat pati yang tinggi pada Sayuran Hidroponik ini akan menjadikan sebagian kebutuhan tubuh kita akan terpenuhi dengan baik.


Mengapa Buah & Sayuran Hidroponik lebih sehat?


Selain kita bisa lihat dari sudah banyaknya penelitian ilmiah tentang ini, mari kita coba uraikan satu persatu agar kita semakin yakin bahwa sudah saatnya untuk memilih konsumsi produk Hortikultura yang lebih sehat untuk tubuh kita terutama bagi masyarakat urban dan perkotaan seperti kita ini.

Untuk kadar Gizi, kandungan Protein dan Mineral secara pasti menjadi bagian ahli klinis dan Gizi yang sudah banyak bisa kita dapatkan di berbagai sumber informasi akurat yang lain. Dan kali ini penulis akan coba membahas ini dari proses tanam Sayuran Hidroponik sampai kepada Hasil Panen seperti yang sering kita lihat di banyak Supermarket di perkotaan. 

Inspirasi Kesehatan dari Kiosk Hidroponik di Jatiwaringin oleh Ibu Titut Mulyono, Entrepreneur Hidroponik sekaligus sebagi pemilik dari Bisnis Sayuran Hidroponik ini.

Salah satu dan hal pertama dari keunggulan Buah & Sayuran Hidroponik ini adalah cara Pola tanam yang berbeda dengan Tanamn konvensiaonal lainnya. Dengan tanpa menggunakan Tanah sebagi media tanam, Hidroponik ini menggunakan beberapa media ( Serabut Kelapa, Serat mineral, Pasir, Batu bata halus,serbuk kayu dsb ) dan air yang terbaik yang didapat dari Air sumur dengan kedalaman tertentu.

Bahkan sebagian yang lebih extreme lagi haruslah menggunakan Air Ionisasi yang yang melalui sinar ultraviolet sebelumnya. Tingkat sterilisasi tinggi bagi tanaman. Sebuah pola tanam yang jelas berbeda dengan Sayuran Organik lainnya. Termasuk Air hujan pun tidak dibolehkan masuk pada media tanam dan dedaunan tanaman ini karena spora buruk yang kemungkinan terbawa air hujan dari udara akan berpotensi mempengaruhi kualitas hasil panen Buah dan Sayur-mayur ini.

Dengan lahan yang lebih terbatas, penanaman Sayuran Hidroponik ini dapat dilakukan dan memiliki hasil panen persatuan luas lebih tinggi daripada tanaman konvensional. Dalam hal ini dukungan akan Bibit dan varietas yang baik menjadi salahsatu unsur yang harus diperhatikan.

Pupuk yang dipakai pun adalah Pupuk Nirpestisida yang berarti akan menjamin kesehatan dalam jangka panjang bagi peng-konsumsi jenis tanaman Hortikultura ini. Seperti kita tahu bahwa pestisida dan sejenis kimia lainnya dapat merusak tubuh secara perlahan jika digunakan secara terus menerus dalam waktu yang lama. 


Konsumsi Sayuran Hidroponik


Akan menjadi pilihan yang bijak jika kita dapat memanfaatkan sedikit dari pekarangan rumah kita untuk mencoba berkebun Sayuran sebagai salahsatu upaya sehat sekaligus menjadi bagian kecil demi menghijaukan dunia milik kita.

Melihat hasil dari Produk Buah & Sayuran Hidroponik ini memang tidak bisa langsung menilai secara kualitas kadar gizi dan Nutrisi yang tersembunyi dalamnya, tetapi kita bisa membedakan dari segi fisik yang tampak oleh mata telanjang.

Seperti kita melihat hasil Sayuran Hidroponik yang umum misalnya Pokchoy, Brokoli, Sawi, bayam, Kangkung, Tomat dan lain-lain. Warna buah atau daun, tekstur yang lebih tebal dan renyak jika dimakan dapat menunjukkan tingkat kesegaran hasil panen dan mewakili kandungan mineral didalamnya. 

Hal ini tidak menjadi kendala ketika kita sudah bicara soal harga, karena harga yang 2x lipat relatif lebih mahal adalah nominal yang pantas untuk sebuah produk dengan kualitas yang jauh lebih baik, apalagi ini berhubungan erat dengan kesehatan kita sebagai pengguna produk. 

Yang penulis sering bicara tentang korelasi antara harga dan kualitas adalah : Pilihlah kualitas sebagai Cost yang lebih murah dalam jangka waktu yang panjang. Bukan melihat nominal tetapi memperhatikan kesehatan tubuh untuk waktu kedepan dan generasi mendatang.


Kesalahan yang sering terjadi pada proses tanam Buah & Sayuran Hidroponik


Beberapa Sistem tanam Buah & Sayuran Hidroponik dapat kita coba sesuai dengan kondisi lahan, cuaca setempat dan tujuan kita dalam menanam. Beberapa faktor perlu diperhatikan sebelumnya agar tanaman Hortikultura kita memiliki potensi hasil panen sesuai dengan harapan.

Kesalahan yang sering terjadi bisa masuk dalam klasifikasi dibawah ini:

  • Faktor Lingkungan yaitu bagaimana tanaman ini dibentuk sesuai dengan Lingkungan setempat agar proses adaptasi sudah tidak menjadi kendala. kesalahan yang masih sering terjadi karena terlalu bersemangat dalam Start up penanaman. 
  • Faktor Biologis yang menyangkut soal mempertahankan tanaman dari serangan hama dan penyakit yang mungkin disebabkan dari luar. 
  • Kerusakan Mekanis yang disebabkan oleh penyimpangan genetik karena beberapa hal dari dalam bawaan atau saat proses pertumbuhan. 
  • Faktor fisiologis yang dihadirkan oleh kesalahan pada pemberian Nutrisi dan Gizi yang kurang tepat atau tidak seimbang sehingga akan mempepengaruhi proses pematangan Buah & Sayuran Hidroponik. 
  • Kesalahan lainnya masih sering terjadi pada medium perawatan pertumbuhan, hal vegetative atau karena kontaminasi dari senyawa kimia lain.

TANAMAN HIDROPONIK


Mari bersama budidayakan Tanaman Kesehatan di pekarangan rumah kita.Selain sebagai hiasan mewah dalam rumah, Tanaman Buah & Sayuran Hidroponik dapat menjadi simbol Kemandirian pangan dan kepedulian kita akan kesehatan bagi generasi mendatang.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai