9 April 2016

TEST DIABETES IBU HAMIL, DIABETES GESTATIONAL

Gejala Diabetes Ibu Hamil | Diabetes Kusus bagi seorang Ibu hamil dapat saja terjadi meskipun sebelumnya seorang Ibu sangat sehat sebelum mengandung. Gejala Diabetes Ibu Hamil yang disebut dengan Diabetes Gestational ini sering terjadi seperti hal nya Preeklamsia atau Hipertensi disaat hamil dan akan sembuh seperti biasa setelah melahirkan.

DIABETES IBU HAMIL

DIABETES PADA IBU HAMIL


Perlu adanya kontrol tentang kemungkinan ini agar efek buruk yang mungkin terjadi dapat segera di dapatkan solusinya. Jika ini tidak terkontrol dengan baik akan dapat menimbulkan kemungkinan terburuk yaitu janin dalam kandungan yang meninggal secara tiba-tiba. Cegah gejala Diabetes Ibu Hamil selagi masih dapat diatasi dengan baik.

Bagi Ibu Hamil, penting untuk selalu rutin memeriksakan progres kehamilannya untuk mengetahui dengan segera kondisi yang tidak normal pada janin dan Ibu hamil termasuk gejala Diabetes Ibu hamil yang dapat di deteksi dengan segera saat kehamilan menginjak usia diatas 5-6 Bulan.

Pada penelitian yang sudah dilakukan di lebih dari 4000 Ibu hamil, Diabetes Gestational ini sudah biasa timbul dan bisa di deteksi pada usia kehamilan diatas 7 Bulan dan di usia tersebut akan sangat rawat menggangu perkembangan Bayi dalam Kandungan.


JENIS DIABETES PADA IBU HAMIL


Diabetes Gestational yang kusus menyerang Ibu Hamil ini disebabkan oleh adanya Gula Darah Extra yang mengalir ke rahim dan membuat pertumbuhan bayi akan lebih cepat dari normalnya. Hal ini dapat menjadikan ukuran bayi dalam kandungan akan lebih besar diatas rata-rata dan berpotensi masalah apada saat proses persalinan. 

Diperlukan Recomendasi Skrining pada Kehamilan usia 24-28 Minggu dan secara intensif jika memang diperlukan. Usahakan untuk secepatnya di usia 24 Minggu agar penangannya juga bisa dilakukan dengan segera.

Pemeriksaan Kondisi Gula Darah secara berkala pada Ibu Hamil sangat disarankan agar kita mengetahui persis perkembangan Gula Darah dan lebih cepat terdeteksi jika ada ketidak normalan yang menimbulkan Gejala Diabetes Ibu hamil ini. 

Memang agak sulit sekali untuk menghindari Diabetes gestational ini dan yang dapat kita lakukan adalah dengan mengontrol kondisi secara teratur dan mencegah timbulnya gejala lebih buruk lagi. Pengobatan dengan pemberian Insulin boleh-boleh saja dengan tetap menyesuaikan pada kondisi kesehatan Ibu dan janinnya. 

Sedangkan penyebab lain dari Diabetes gestational ini adalah karena perubahan Metabolisme Karbohidrat dan Glukosa yang mengakibatkan Gula Darah Ibu Hamil menjadi tidak terkontrol dengan baik seperti yang diungkaplan oleh dr.Aryando Pradana dari RS Bunda jakarta. 

MENGATASI GEJALA DIABETES PADA IBU HAMIL


Diperlukan Diet khusus pada Ibu Hamil, Olahraga yang tepat dan dan monitoring Gula Darah secara rutin agar gejala ini tidak sampai poada kondisi yang lebih buruk lagi.

Pada Ibu Hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi Jenis-jenis Makanan berkarbohidrat tinggi dalam jumlah yang berlebihan. Konsumsi Kentang adalah penyebab paling berisiko terkena Gejala Diabetes Ibu hamil | Diabetes Gestational ini pada sejak kondisi kehamilan. 

Satu Kg Kentang dalam Satu Minggu dapat meningkatkan resiko gejala Penyakit ini sampai lebih dari 20% dari kehamilan yang normal. Secara logis Kentang dengan kandungan Indeks Glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar Gula dalam darah segera setelah dalam proses pencernaan.

Untuk menghindari kemungkinan Diabetes Ibu Hamil atau diabetes Gestational ini, disarankan bagi Ibu Hamil agar mengganti konsumsi Kentang sebagai sumber Karbohidrat dengan sumber lain yang lebih aman seperti seperti gandum atau dapat juga memperbanyak Konsumsi serat melalui Buah-buahan segar. 

Sayangi Buah hati kita dengan pola hidup sehat yang dianjurkan agar kita terhindar dari kemungkinan Gejala penyakit yang juga dapat berakibat buruk pada Ibu dan janin kita.


Selanjutnya,,,

gambar : www.prezi.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai