10 September 2016

CARA MENYIMPAN DAGING SAPI DAN MENYIMPAN DAGING KAMBING DENGAN BENAR

Konsumsi Daging Sapi atau daging Kambing sudah bukan sesuatu yang dianggap mewah oleh banyak orang sekarang. Cara Menyimpan Daging Sapi atau Menyimpan Daging Kambing akan dijelaskan disini agar kita terhindar dari kemungkinan Kuman yang menempel di Daging Sapi atau Daging kambing dan bisa di konsumsi dengan baik.

TIPS MENYIMPAN DAGING


CARA MENYIMPAN DAGING SAPI DAN DAGING KAMBING


Sehat Dunia - Jika kita sering belanja bahan makanan dan bahan masakan Bulanan termasuk Belanja Daging dan beberapa Sayuran untuk sampai satu Bulan kemudian, Cara Menyimpan Daging Sapi dan Cara Menyimpan Daging Kambing berikut penting untuk kita ketahui. Karena tips menyimpan Daging ini akan membantu kita dalam mendapatkan konsumsi Makanan yang sehat dan jauh dari kemungkinan kuman yang mengganggu.

Rutinitas Belanja Bulanan tidak ada masalah jika kita juga memahami bagaimana menyimpan Bahan makanan ini agar tetap segar, sehat dan terhindar dari kemungkinan Kuman yang ada. Cara menyimpan Daging Sapi atau Menyimpan Daging kambing di dalam Kulkas dan Freezer juga memiliki tips tersendiri untuk kita ketahui.

Informasi berikut perlu dipahami bagi yang suka menyimpan bahan makanan terutama Daging yang biasanya disimpan di Kulkas atau lemari pendingin. Cara menyimpan Daging yang benar akan kami jelaskan dengan singkat dan mudah sekali untuk dijadikan acuan bagi kesehatan kita semua termasuk informasi cara mencairkan Daging yang beku.

MENCUCI DAGING SEBELUM DAGING DISIMPAN


Perlu tidaknya mencuci Daging sebelum dikonsumsi atau disimpan akan dijelaskan di tulisan dibawah ini. Cara menyimpan Daging yang benar mengingat kebiasaan kita berbelanja bulanan dan tidak berbelanja harian dengan berbagai alasan.

Daging Sapi atau Daging kambing yang biasa kita beli di Supermarket atau di pasar tradisional sebenarnya sudah bersih karena Daging segar hanya mengandung sedikit sekali Kuman yang terbawa. Akan tetapi pola penyembelihan dan penanganan pasca penyembelihan hewan ini kita tidak tahu dengan pasti. Maka dari itu perlu penanganan lebih dari diri kita sendiri didalam Menyimpan Daging dan Cara menyimpan daging dengan benar.

Proses Daging dari penyembelihan hewan sampai ke tangan pembeli sangatlah beragam. Kemungkinan akan pencemaran oleh bakteri sangat tinggi dimana permukaan Daging sudah tidak bersih lagi. Disinilah pentingnya kita mengenal Cara Menyimpan Daging dikulkas agar terhindar dari potensi beberapa Kuman dan bakteri yang ada.

Pencucian Daging sebelum dimasak atau sebelum Daging disimpan sangat diperlukan. Cucilah Daging begitu anda membelinya baik Daging dari Supermarket atau dari Pasar-pasar tradisional. Daging sebaiknya dicuci dengan Air bersih dan langsung di simpan dengan baik di Kulkas atau Freezer Anda. Jika ingin segera dimasak pun Daging harus tetap dicui dengan air bersih.

Hindari meletakkan Daging yang sudah dicuci dengan air di tempat terbuka, karena Daging yang basah menjadi sebuah media berkembang biak Kuman dan Bakteri yang sangat baik. Cara menyimpan Daging dengan segera akan jauh lebih baik daripada Daging dibiarkan di udara terbuka tanpa penutup yang baik.

Cara Menyimpan Daging Sapi dan Cara Menyimpan Daging Kambing yang baik adalah melalui proses pencucian dengan air bersih kemudian disimpan secepatnya pada suhu dibawah 0" Derajat Celcius. Meskipun kuman dan bakteri tidak mati dengan suhu tersebut, setidaknya perkembangan kuman akan terhambat dan tidak berkembang biak lebih banyak lagi.


CARA MENYIMPAN DAGING DI KULKAS ATAU FREEZER

  • Pisahkan menyimpan Daging yang berbeda, jadi pastikan daging Sapi dan daging kambing disimpan didalam wadah yang terpisah agar menghindari bau yang tercampur dan menghindari bergabungnya jenis Kuman atau Bakteri yang berbeda pula.
  • Dalam cara menyimpan Daging disini, pisahkan pula Daging yang sudah agak memar dengan cara dipotong-potong sebelumnya dan bedakan dengan Daging yang masih bagus.
  • Jenis Jeroan memiliki tingkat Kuman dan bakteri yang lebih tinggi. Akan lebih baik jika kita memisahkan pula antara Daging yang bagus, Tulang , Hati dan Jeroan dalam wadah terpisah dan terbungkus dengan baik.
  • Pisahkan pula Daging dengan jumlah tertentu sesuai dengan kebiasaan kita dalam konsumsi sehari-hari. Dengan pola makan kita yang hanya membutuhkan 1/4 kg Danging setiap memasak, maka potonglah Danging sebesar 1/4 kg sehingga kita tidak perlu memotong-motong lagi jika membutuhkannya. Bisa diletakkan di Plastik yang berbeda atau di sejenis Tupprewear yang kita punya.
  • Simpan Daging dalam bentuk Potongan-potongan tipis agar nanti dengan mudah bisa di masak dan tidak kesulitan jika menyimpan Daging dalam keadaan membeku. Jika perlu anda bisa menandai dengan memberikan tanggal pembelian dan menggunakan Daging yang lebih lama untuk dimasak segera.


CARA MENCAIRKAN DAGING BEKU YANG KERAS SETELAH BERADA DI FREEZER


Pada dasarnya Cara menyimpan Daging yang benar ini dapat mempertahankan Daging yang kita beli sampai dengan waktu 6 Bulan kedepan. Makadari itu perlu untuk kita pahami dengan baik dan teliti dalam menyimpan Daging Sapi atau Menyimpan Daging kambing dengan baik seperti  tercantum dibawah ini.

Cara Thawing atau mencairkan Daging yang membeku di dalam Freezer yang dingin dan keras dapat membantu kita dalam menyajikan masakan yang tetap nikmat dan segar karena Menyimpan Daging yang membeku akan sangat berpengaruh pada proses masaknya nanti.

Daging yang masih Dingin dan beku tidak akan dapat sempurna dimasak, biasanya akan tampak sudah matang padahal didalamnya masih sangat basah atau mentah. Belum matangnya Daging di bagian dalam ini yang dikuatirkan proses memasak tidak dapat membunuh kuman atau bakteri yang bersembunyi di dalam Danging.

Thawing atau mencairkan Daging dengan merendam di air saja juga memberikan potensi Kuman yang berkembang atau datangnya kuman dan bakteri baru. Dan ini juga berpotensi buruk karena rendaman air akan melarutkan kandungan mineral dan zat penting yang terkandung pada Daging segar.

Rencanakan jadwal memasak Anda dengan baik, lalu ambil daging dalam freezer dan pindahkan ke Kulkas atau lemari Es biasa / Chiller untuk besok kita masak. Jika memiliki Microwave bisa digunakan untuk proses thawing ini. Pastikan pula dalam cara menyimpan Daging ini dengan sesegera mungkin memasak Daging begitu keluar dari tempat penyimpanan.

KESIMPULAN CARA MENYIMPAN DAGING DENGAN BENAR


Cara menyimpan Daging ini mengharuskan kita sedikit cermat dalam perencanaan Belanja dan memasak demi mendapatkan konsumsi makanan yang sehat dan benar. Kebiasaan belanja bulanan kita menuntut kita untuk mengerti dalam proses penyimpanan Daging ini supaya daging dapat tetap tahan lama dan layak untuk konsumsi keluarga kita.

Perlu sekali untuk menyimpan daging dan bahan makanan lain untuk konsumsi kita sehari-hari karena Daging Segar dengan penyimpanan Daging yang baik akan mempertahankan kualitas Daging hingga 6 Bulan kedepan. Lumayan awet kanjika kita bisa menyimpan daging dengan baik.

Pastikan pula dalam berbelanja daging dengan teliti agar kita mendapatkan Daging Sapi atau Daging kambing yang bersih dan segar, bukan Daging yang sudah memar dan tidak tersimpan dengan baik sebelumnya. Cara menyimpan Daging di Kulkas dan freezer ini akan sangat membantu dalam memasak yang nikmat untuk keluarga kita.

Pastikan pula bahwa sebelum Daging disimpan, Daging Sapi atau daging Kambing sudah dalam keadaan terpotong dan terpisah antara jenis-jenis daging yang berbeda. Hal ini akan memudahkan kita dalam memasak nanti dan menghindari dari bercampurnya kuman dan bakteri yang setiap saat datang.

Artikel kecil ini mudah-mudahan dapat memberikan manfaat yang berguna bagi kesehatan kita semua. Segala saran, pertanyaan dan kritik bisa ditambahkan di kolom komentar dibawah tulisan ini. Terimakasih untuk selalu sehat dan berbahagia,,sangat berbahagia.

gambar : Instagram 
www.sehatdunia.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai